Tolak Ajakan Perangi ISIS, Khamenei: Tangan AS Kotor!

Selasa, 16 September 2014 - 09:35 WIB
Tolak Ajakan Perangi ISIS, Khamenei: Tangan AS Kotor!
Tolak Ajakan Perangi ISIS, Khamenei: Tangan AS Kotor!
A A A
TEHERAN - Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan, Iran menolak ajakan Amerika Serikat (AS) untuk memerangi ISIS karena tangan dan niat AS kotor.

Iran merupakan salah satu negara yang tidak diundang AS dalam pertemuan koalisi dunia musuh ISIS yang berlangsung di Paris kemarin. Penolakan Khamenei itu, menambah daftar panjang sejarah permusuhan bebuyutan AS dan Iran sejak revolusi Islam 1979.

Khamenei mengungkap lobi-lobi AS yang ditolak Iran. Di antaranya, pejabat Washington yang menyambangi Kedutaan Besar Iran di Baghdad untuk minta pertemuan guna membahas kerjasama melawan ISIS atau Negara Islam Irak dan Suriah.

Dalam lobi itu, menurut Khamenei, para pejabat Iran menyambutnya, tapi dia secara pribadi memveto atau menolak penuh ajakan itu. (Baca: Khamenei Tolak Ajakan AS Lawan ISIS)

”Saya melihat tidak ada gunanya bekerja sama dengan negara yang tangan dan niatnya kotor, keruh,” kata Khamenei yang dilansir kantor berita IRNA.

Menurut Khamenei, Washington telah berbohong kepada masyarakat dunia, dengan mengatakan bahwa Iran didepak dari koalisi dunia musuh ISIS. Yang benar, lanjut Khamenei, Iran secara tegas menolak berkoalisi dengan AS.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, seperti dikutip Reuters, Selasa (16/9/2014) mengatakan Washington tidak bekerja sama dengan Iran. Namun, dia menolak berkomentar ketika ditanya soal adanya pejabat Washington yang mencoba melobi Iran melalui kedutaan Iran di Baghdad.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5149 seconds (0.1#10.140)