Tumpas ISIS, Jet-jet Tempur AS Bombardir Wilayah Irak

Selasa, 16 September 2014 - 09:09 WIB
Tumpas ISIS, Jet-jet Tempur AS Bombardir Wilayah Irak
Tumpas ISIS, Jet-jet Tempur AS Bombardir Wilayah Irak
A A A
BAGHDAD - Sejumlah pesawat jet tempur Amerika Serikat (AS) mulai membombardir wilayah Irak di selatan Baghdad untuk menumpas militan kelompok ISIS atau Negara Islam Irak dan Suriah.

Komando Pusat AS, pada Selasa (16/9/2014), mengatakan serangan itu diluncurkan setelah pasukan Irak meminta bantuan kekuatan militer untuk pertama kalinya kepada AS. Irak selama ini kewalahan untuk menumpas para militan ISIS yang dipimpin Abu Bakar al-Baghdadi.

Sebelumnya, serangan udara AS di wilayah Irak hanya diluncurkan untuk melindungi warga dan kepentingan AS di Irak. Namun, misis AS kali ini diputuskan untuk menumpas para militan radikal tersebut.

Para pejabat AS mengatakan, serangan itu resmi atas mandate Presiden AS, Barack Obama. Presiden AS itu sebelumnya menginstruksikan militer AS untuk menumpas ISIS di mana pun mereka berada.

Komandao Sentral AS, dalam sebuah pernyataan mengatakan, sejumlah pesawat jet tempur AS hari ini menargetkan basis ISIS di dekat Gunung Sinjar. Wilayah itu sejatinya merupakan Tanah Air etnis Yazidi, namun telah dikepung ISIS.

“Serangan ini dilakukan di bawah kewenangan (Presiden AS) untuk melindungi personel dan fasilitas AS, mendukung upaya kemanusiaan, dan membantu pasukan Irak dalam menyerang teroris ISIS,” demikian pernyataan Komando Sentral AS, seperti dikutip Reuters.

Sampai saat ini serangan AS telah menghancurkan enam kendaraan ISIS di dekat Sinjar. Sebelumnya, sebuah koalisi dari 30 negara, termasuk negara-negara Barat dan Arab berjanji untuk memerangi ISIS di Irak dan Suriah, pada konferensi strategi di Paris.

Namun, tidak ada peran masing-masing anggota koalisi yang telah dibuat dalam pertemuan itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3186 seconds (0.1#10.140)