Dada Ditembus Peluru ISIS, Wanita Ini Jadi 'Pahlawan' Irak

Senin, 15 September 2014 - 13:42 WIB
Dada Ditembus Peluru ISIS, Wanita Ini Jadi Pahlawan Irak
Dada Ditembus Peluru ISIS, Wanita Ini Jadi 'Pahlawan' Irak
A A A
TIKRIT - Seorang wanita di Irak yang tewas setelah dadanya ditembus peluru militan ISIS dijadikan "pahlawan" dengan gelar "Sheikha" atau selevel Syekh. Berkat pengorbanannya, dia merombak tradisi Irak, di mana gelar selevel Syekh selama ini hanya disandang kaum pria.

Oumaya Naji al-Jabara—nama wanita pemberani itu—, langsung diangkat menjadi kepala suku perempuan di salah satu negara bagian di Irak.

Jabara dilaporkan dibunuh militan ISIS pada tanggal 22 Juni 2014. Wanita itu tampil heroik dengan ikut bertempur melawan militan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Provinsi Salah al-Din barat.

Jasa ibu dari empat anak ini tidak akan dilupakan warga suku di provinsi tersebut. Kepala Kantor Urusan Tribal Irak, Marid Hasoun, mengatakan, wanita itu resmi menyandang gelar “Sheikha" (Syekh untuk wanita).

”Jabara adalah wanita pertama dalam sejarah Irak yang mendapat gelar ini. Hal ini untuk menghormati peran heroiknya dalam memerangi penjahat ISIS,” kata Hasoun kepada al-Sumaria News.

Jabara sejatinya adalah seorang pengacara. Dia juga dikenal sebagai aktivis hak-hak perempuan dan konsultan untuk wanita di provinsi tersebut. Dia nekat mengangkat senjata setelah ISIS mulai memasuki wilayah Distrik al-Alam, sebelah timur Kota Tikrit.

Dewan Tinggi Negara untuk Hak Asasi Manusia Irak kagum dengan pengorbanan Jabara.”Sheikha itu dengan orang-orang nya heroik melawan kekuatan gelap dari ISIS, mendorong kelompok militan yang hanya bereaksi dengan membom kota dengan mortir,” bunyi pernyataan dewan itu, seperti dikutip Al Arabiya, Senin (25/9/2014).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9764 seconds (0.1#10.140)