Dicap Membangkang, 43 Serdadu Israel Akan Ditindak

Senin, 15 September 2014 - 09:34 WIB
Dicap Membangkang, 43 Serdadu Israel Akan Ditindak
Dicap Membangkang, 43 Serdadu Israel Akan Ditindak
A A A
TEL AVIV - Militer Israel mengancam akan menindak 43 serdadu mereka yang dianggap membangkang. Ancaman itu muncul, setelah 43 serdadu Israel menulis surat terbuka tentang penyesalan dan penolakan untuk memerangi Palestina.

Dalam surat terbuka itu, mereka juga menolak untuk memata-matai warga Palestina guna kepentingan Unit Intelijen IDF 8200. (Baca: Puluhan Serdadu Israel Menyesal dan Menolak Perangi Palestina)

”Tidak ada ruang untuk pembangkangan di IDF,” kata juru bicara militer Israel, Moti Almoz. ”Ada perselisihan dan (suara berlawanan) di posisi politik, tapi militer bukanlah tempat untuk mengambil tindakan politik yang dirancang untuk perpecahan itu,” katanya lagi, seperti dikutip RT, Senin (15/9/2014).

”Kami di IDF, hingga petugas paling senior, melihat ini sebagai tindakan sangat sangat disipliner, dan akan menindak keras,” ujar Almoz. (Baca juga: Menyesal Perangi Palestina, Serdadu Israel Diancam Dipenjara)

Pernyataan IDF itu muncul sebagai respons atas beredarnya sebuah surat terbuka yang ditandatangani 42 serdadu cadangan Israel soal penolakan mereka untuk memerangi Palestina di masa depan. Surat itu ditujukan kepada Perdana Menteri Israel, Kepala IDF dan Kepala Intelijen Militer.

”Kita tidak bisa terus melayani sistem seperti, tidak sesuai hati nurani yang baik, dan untuk menyangkal hak-hak jutaan orang,” bunyi surat terbuka dari 43 prajurit Israel. ”Mereka di antara kita yang merupakan tentara cadangan, menolak untuk mengambil bagian dalam memerangi warga Palestina.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4866 seconds (0.1#10.140)