Wanita Ini Bermain Biola Selama Operasi Otak

Jum'at, 12 September 2014 - 20:52 WIB
Wanita Ini Bermain Biola Selama Operasi Otak
Wanita Ini Bermain Biola Selama Operasi Otak
A A A
TEL AVIV - Kebanyakan orang mungkin akan meminta atau diwajibkan mendapatkan suntikan bius bila akan menjalani proses operasi. Namun, tidak bagi seorang wanita mantan anggota Lithuania National Symphony Orchestra.

Melansir Russia Today, Jumat (12/9/2014), Naomi Elishuv, lebih memilih memainkan biola selama proses operasi berjalan. Elishuv bermain biola selama proses operasi atas permintaan dokter, untuk mengetahui secara langsung bagian syaraf mana yang rusak.

“Ini adalah pertama kali saya mengoperasi seorang pasien yang memainkan instrumen sepanjang jalannya proses operasi. Selama operasi, walaupun cukup menegangkan saya merasa senang karena bisa mendengarkan konser pribadi dari seorang musisi berbakat,” ucap Profesor Yitzhak Fried, Direktur Bedah Saraf Fungsional di Tel Aviv Sourasky Medical Center, dokter yang melakukan operasi terhadap Elishuv.

Menurut Fried, apa yang dilakukan Elishuv sangatlah penting, “Kami harus menempatkan sebuah elektroda yang mampu mengurangi getaran pada tanganya. Oleh karena itu kami membutuhkan partisipasi langsung, dengan cara bermain biola agar kami tahu daerah mana di otak Elishuv yang harus kami pasangangkan elekdtroda,” ucap Fried.

Menurut Friend operasi tak lazim ini membuahkan hasil yang memuaskan. Paska operasi, Fried menyatakan tangan Elishuv tidak lagi bergetar dan wanita asal Lithuania itu dapat kembali memainkan biolanya dengan lancar.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3855 seconds (0.1#10.140)