Bos Terkejam Yakuza Ditangkap, Ini Sejarah Singkat Geng Itu

Jum'at, 12 September 2014 - 17:08 WIB
Bos Terkejam Yakuza Ditangkap, Ini Sejarah Singkat Geng Itu
Bos Terkejam Yakuza Ditangkap, Ini Sejarah Singkat Geng Itu
A A A
KITAKYUSHU - Bos terkejam di geng Yakuza Jepang, Satoru Nomura, 67 ditangkap di rumah mewahnya di Kitakyushu,atas tuduhan pembunuhan. Penangkapan bos geng Yakuza itu, membuat penasaran soal sejarah kelompok tersebut.

Yakuza adalah kelompok sindikat kejahatan tradisional Jepang yang melakukan berbagai aksi atau kegiatan dengan cara dan hukum mereka sendiri. Kelompok ini tidak peduli dengan hukum yang ada.

Namun dengan dalih untuk melindungi dirinya, anggota kelompok itu tetap saja berusaha untuk mengikuti peraturan resmi yang ada di Jepang.

Mereka seperti bermain “kucing-kucingan” dengan otoritas pemerintah setempat. Sepanjang tidak terbukti, atau aksi kejahatan mereka tidak terbongkar, maka mereka akan menjalani hidup dengan hukum mereka sendiri.

Yakuza punya nama lain di Jepang, yakni Gokudo. Polisi Jepang menyebutnya Boryokudan atau kelompok kekerasan. Sedangkan di kalangan Yakuza sendiri, mereka menyebutnya sebagai "ninkyo dantai".

Anggota Yakuza, menyatakan, Yakuza merupakan semacam CO2 atau gas buangan dari mobil. Tapi CO2 pun pasti ada manfaatnya. Jika mengusik CO2, orang bisa meninggal. Itulah salah satu prinsip dari Yakuza.

Bos terkejam geng Yakuza, Satour Nomura, ditangkap atas tuduhan pembunuhan tahun 1998. Korbannya adalah Kunihiro Kajiwara, kepala koperasi nelayan setempat.

“Dia diduga menembakkan pistol pada jarak dekat (untuk membunuh Kunihiro Kajiwara). Dan menembakkan senjata di depan umum,” bunyi pernyataan kepolisian setempat, seperti dikutip Mail Online, semalam (11/9/2014).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5550 seconds (0.1#10.140)