Boko Haram Kepung Maiduguri, Rakyat Nigeria Panik

Jum'at, 12 September 2014 - 13:52 WIB
Boko Haram Kepung Maiduguri, Rakyat Nigeria Panik
Boko Haram Kepung Maiduguri, Rakyat Nigeria Panik
A A A
MAIDUGURI - Para militan Boko Haram telah mengepung Kota Maiduguri, ibukota negara bagian Borno, di wilayah di timur laut Nigeria. Kelompok itu telah bersiap-siap mengambil alih kota di Nigeria tersebut.

Pengepungan kelompok Boko Haram itu telah membuat rakyat Nigeria di sekitar Maiduguri panik. Pengepungan kota tersebut disampaikan Forum Sesepuh Borno, sebuah kelompok lokal yang terdiri pejabat sipil dan para pensiunan militer.

Informasi pengepungan kota itu muncul setelah Amerika Serikat (AS) memperingatkan kemungkinan adanya serangan Boko Haram terhadap Kota Maiduguri. AS juga memperingatkan risiko pemerintah Nigeria yang bisa kehilangan kontrol atas Maiduguri.

Militer Nigeria mengakui adanya kepanikan rakyat di sekitar Maiduguri setelah informasi dari Forum Sesepuh Borno beredar.

Forum ini menyuarakan kekhawatiran, setelah Boko Haram menguasai sejumlah kota dan desa di seluruh Borno dan Yobe dalam beberapa pekan terakhir. Forum itu mendesak pemerintah Nigeria cepat bertindak.

”Mereka telah menyatakan diri sebagai khalifah Negara Islam yang independen, dengan kantor pusat mereka di Kota Gwoza yang strategis,” demikian pernyataan forum itu dalam sebuah email, seperti dikutip AFP, Jumat (12/9/2014).

”Mereka menyatakan bahwa istana Gwoza sebagai kursi pemerintahan mereka, dan mengibarkan bendera mereka di sana. Mereka telah mencaplok wilayah dan menduduki beberapa kantor pengadilan di berbagai kota utama,” lanjut pernyataan tersebut.

”Mereka benar-benar telah mengepung Kota Maiduguri. Hal ini jelas bahwa sasaran mereka adalah segera mengambil Kota Maiduguri, ibukota negara bagian Borno,” imbuh pernyataan forum itu yang minta perlindungan pemerintah Nigeria.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4983 seconds (0.1#10.140)