Abbas: Hamas Jalankan Pemerintahan Bayangan di Gaza

Minggu, 07 September 2014 - 17:39 WIB
Abbas: Hamas Jalankan Pemerintahan Bayangan di Gaza
Abbas: Hamas Jalankan Pemerintahan Bayangan di Gaza
A A A
KAIRO - Di tengah proses rekonsiliasi Palestina, presiden Palestina Mahmud Abbas menyebut Hamas masih menjalankan pemerintahan bayangan di Gaza. Abbas menyebut harusnya Hamas sudah tidak lagi menjalankan pemerintahan karena sudah dipegang oleh pemerintah persatuan Palestina.

Melansir Maan News, Minggu (7/9/2014), Abbas menegaskan bila Hamas masih menjalan pemerintahan bayangan maka akan sangat sulit untuk bisa mewujudkan rekonsiliasi nasional. “Otoritas Palestina tidak akan melanjutkan proses rekonsiliasi bila kondisi di Gaza masih seperti ini,” ucap Abbas saat melakukan kunjungan ke Kairo.

"Ada 27 Kementerian yang menjalankan Jalur Gaza, dan pemerintah konsensus nasional tidak dapat berbuat apa-apa di lapangan karena adanya kementerian itu," Abbas menambahkan. Menurutnya paska penandatangan rekonsiliasi, Hamas sudah tidak memiliki wewenang atau kekuasaan lagi Gaza.

“Beberapa pejabat Hamas sepertinya masih tidak rela untuk melepaskan kekuasan mereka di Gaza, ini tidak sesuai dengan keputusan rekonsiliasi dimana seharusnya Gaza dan juga wilayah lain di Palestina dipimpin oleh pemerintah persatuan,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama Abbas juga tidak lupa berbicara tentang perang di Gaza. Menurutnya hanya ada 50 pejuang tewas dalam perang yang berafiliasi dengan Hamas. Jumlah itu jauh lebih sedikit dibanding pejuang yang berafiliasi dengan Fatah, di mana terdapat 861 orang yang tewas.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3081 seconds (0.1#10.140)