ISIS Gunakan Bom Curah di Suriah

Selasa, 02 September 2014 - 09:15 WIB
ISIS Gunakan Bom Curah di Suriah
ISIS Gunakan Bom Curah di Suriah
A A A
ALEPPO - Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah menggunakan bom curah di salah satu wilayah di Suriah utara dalam beberapa pekan terakhir. Demikian pernyataan Human Rights Watch (HRW).

”Penggunaan amunisi (bom) curah oleh aktor-aktor non-negara, seperti militan Negara Islam menunjukkan kebutuhan yang mendesak untuk Suriah dan semua negara untuk menghancurkan stok (bom curah) mereka,” bunyi pernyataan HRW.

Dalam laporannya, HRW melansir bukti foto penggunaan bom curah di Suriah oleh militan ISIS. Bukti itu diperoleh dari pejabat Kurdi. Bom curah itu, salah satunya digunakan militan ISIS pada 12 Juli dan 14 Agustus 2014, ketika mereka terlibat pertempuran di Ayn al-Arab, di Aleppo atau yang dikenal warga Kurdi sebagai Kota Kobani.

Kelompok hak asasi manusia itu mengatakan rezim Presiden Suriah, Bashar al-Assad juga masih memiliki bom curah yang digunakan sejak Juni 2012, meski penggunaannya telah dikecam masyarakat internasional. (Baca: ISIS Lakukan Pembersihan Etnis Sistematis di Irak Utara)

”Hal ini diyakini bahwa untuk pertama kalinya bom curah digunakan militan ISIS. Human Rights Watch tidak tahu bagaimana ISIS memperoleh bom curah itu,” lanjut pernyataan HRW, seperti dikutip Al Arabiya, semalam (1/9/2014).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4455 seconds (0.1#10.140)