AS Bangun Sekutu untuk Setop Pembantaian ISIS

Sabtu, 30 Agustus 2014 - 12:35 WIB
AS Bangun Sekutu untuk Setop Pembantaian ISIS
AS Bangun Sekutu untuk Setop Pembantaian ISIS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) sedang membangun sekutu dari negara-negara Barat untuk menghentikan agenda genosida atau pembantaian massal yang dilakukan ISIS di Irak utara dan Suriah.

Menteri Luar Negeri AS, John Kerry sedang mengumpulkan para pemimpin negara-negara Barat. Langkah AS itu dilakukann seminggu menjelang pertemuan punak NATO di Wales.

“Kerry menganjurkan (negara-negara Barat) bersatu untuk merespons itu di bawah pimpinan Amerika Serikat, dan membuka kemungkinan untuk menciptakan sekutu yang besar,” tulis New York Times, Sabtu (30/8/2014).

Seorang diplomat AS mengatakan, dia dan Menteri Pertahanan Chuck Hagel juga akan bertemu dengan para pemimpin Eropa yang merupakan sekutu AS.”Tujuannya adalah untuk meminta bantuan seluas mungkin,” kata diplomat itu,yang berbicara dalam kondisi anonim.

ISIS atau kelompok Negara Islam Irak dan Suriah yang kini berganti nama menjadi Negara Islam (IS) telah menjadi agenda perang pemerintahan Barack Obama.

Obama telah bersumpah untuk menumpas kelompok yang dipimpin Abu Bakar al-Baghdadi itu, setelah jurnalis AS, James Foley dipenggal algojo kelompok tersebut.

”Kami akan terus menggunakan kesempatan itu (pertemua para pemimpin negara-negara Barat) untuk membangun koalisi yang luas dan menyoroti bahaya yang ditimbulkan oleh teroris asing, termasuk mereka yang telah bergabung dengan ISIS,” kata Kerry.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4857 seconds (0.1#10.140)