Sekjen PBB Puji Gencatan Senjata di Gaza

Sabtu, 30 Agustus 2014 - 10:43 WIB
Sekjen PBB Puji Gencatan Senjata di Gaza
Sekjen PBB Puji Gencatan Senjata di Gaza
A A A
NUSA DUA - Kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas dalam jangka panjang mendapat banyak apresiasi tokoh dunnia. Salah satunya, Sekjen PBB, Ban Ki-moon yang mengapresiasi gencatan senjata di Gaza.

Pujian Ki-moon disampaikan saat menghadiri Global Forum United Natioan Alliance of Civilizatioan yang berlangsung sejak Jumat (29/8/2014) hingga hari ini (30/8/2014).

Menurut Sekjen PBB, gencatan senjata jangka panjang sangat penting untuk memfasilitasi upaya bantuan kemanusiaan dan pemulihan di Gaza.

Dia menyatakan, bahwa dengan adanya gencatan senjata ini ibarat memberikan oksigen kepada rakyat Gaza untuk kembali memulai hidup mereka. (Baca: Ribuan Rakyat Tewas Diinvasi Israel, Abbas Salahkan Hamas)

"Setiap pelanggaran yang dilakukan yang mampu mengagalkan gencatan senjata ini adalah tindakan yang tidak bertanggung jawab. Gencatan senjata ini dibutuhkan bagi kedua negara, terutama untuk warga sipil mereka. Baik warga Palestina ataupun Israel perlu kesempatan ini untuk melanjutkan kehidupan mereka tanpa rasa takut,” ujarnya.

Kesepakatan gencatan senjata kedua pihak tercapai awal pekan lalu. Kesepakatan itu disambut rakyat Palestina di Gaza dengan mengklaim sebagai pemenang perang.

Israel juga mengklaim sebagai pemenang perang. Israel dan Hamas terlibat perang 50 hari dengan korban tewas dari pihak Palestina lebih dari 2 ribu jiwa yang mayoritas warga sipil. Sedangkan dari pihak Israel lebih dari 60 orang tewas, yang mayoritas tentara.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4030 seconds (0.1#10.140)