Hemat BBM, PNS Solo Diminta Naik Sepeda dan Angkutan Umum

Rabu, 27 Agustus 2014 - 15:44 WIB
Hemat BBM, PNS Solo Diminta Naik Sepeda dan Angkutan Umum
Hemat BBM, PNS Solo Diminta Naik Sepeda dan Angkutan Umum
A A A
SOLO - Pemerintah Kota Solo meminta seluruh pegawai negeri sipil (PNS) Solo menggunakan sepeda angin dan angkutan umum saat berangkat kerja. Hal itu dilakukan sebagai upaya penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, penggunaan dua moda transportasi itu sangatlah efektif untuk menghemat BBM. Sehingga, penggunaan dua moda transportasi itu untuk para PNS harus digalakkan, agar nantinya menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari.

Dengan menggunakan transportasi umum, BBM yang biasanya dibeli oleh para PNS bisa dialokasikan untuk hal lain, atau disimpan untuk hari yang lain. Ia mengatakan, tinggal dikalikan saja berapa PNS di Kota Solo yang menggunakan transportasi umum dengan BBM yang biasa dikonsumsi oleh kendaraan para PNS.

"Yang rumahnya tidak terlalu jauh dari kantor bisa naik sepeda, untuk yang jauh bisa naik Batik Solo Trans (BST), atau moda transportasi umum lainnya," ucap Rudy kepada KORAN SINDO, Rabu (27/8/2014).

Pihaknya mengatakan, jika itu semua bisa diterapkan dengan baik, nantinya tidak hanya penghematan BBM yang bisa dilakukan. Hal itu juga akan berpengaruh pada lancarnya arus lalu lintas di jalanan Kota Solo. Jika biasanya kendaraan berpelat merah menghiasi berbagai sudut jalan, nantinya akan berkurang karena para PNS menggunakan kendaraan umum.

"Saya juga berencana naik BST kalau ke kantor, kan tinggal keluar rumah naik bus nanti langsung turun di depan balai kota," ucap Rudy.

Pihaknya juga berharap upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Solo itu hendaknya diikuti oleh para warga. Menurutnya, jika memang tidak begitu perlu, warga juga diimbau untuk menggunakan kendaraan umum dan juga sepeda. Hal itu juga untuk kepentingan bersama yakni menghindari macet dan menghemat BBM.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3256 seconds (0.1#10.140)