Ungkap Algojo Foley, AS Pakai Trik Rekonstruksi Wajah

Rabu, 27 Agustus 2014 - 15:38 WIB
Ungkap Algojo Foley, AS Pakai Trik Rekonstruksi Wajah
Ungkap Algojo Foley, AS Pakai Trik Rekonstruksi Wajah
A A A
WASHINGTON - Ahli forensik Amerika Serikat (AS) menggunakan trik komputer untuk merekonstruksi wajah sosok algojo ISIS pemenggal jurnalis AS, James Foley. Dengan trik itu, ahli forensik mendapatkan dua gambar yang jadi petunjuk.

Dalam menggunakan trik rekonstruksi wajah itu, ahli forensik juga berkonsultasi dengan pemerintah AS. Satu gambar menunjukkan algojo kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) itu dicoba diberikan rambut wajah, seperti kumis untuk mengenali wajahnya jika tanpa mengenakan topeng. (Baca: Diduga Direkayasa ISIS, Video Pemenggalan Voley Janggal)

Meski rapper Inggris L-Jinny alias Abdel Majed Abdel Bery telah ditetapkan sebagai tersangka utama, namun sosok algojo ISIS pemenggal Foley masih misterius. Algojo itu mengenakan penutup muka warna hitam saat adegan eksekusi terhadap Foley direkam.

Para ahli forensik, seperti dikutip ABC News, mengaku hati-hatI saat menganalisis video untuk melakukan rekonstruksi wajah algojo ISIS dengan menggunakan komputer. Terlebih, ahli forensik Inggris sebelumnya sudah meyakini video pemenggalan Foley telah direkayasa. (Baca juga: Teka-teki Video Pemenggalan Foley)

Kasus pemenggalan Foley telah membuat Presiden Barack Obama marah dan memutuskan untuk melakukan serangan udara di basis-basis ISIS di Suriah. Obama telah menyetujui pengerahan pesawat mata-mata ke Suriah.

”Amerika tidak lupa. Jangkauan kami adalah panjang. Kami adalah korban. Keadilan akan dilakukan,” kata Obama kepaa veteran yang berkumpul di Charlotte, North Carolina, seperti dikutip Reuters, Rabu (27/8/2014).

”Mengangkat akar kanker seperti ISIS tidak akan mudah dan tidak akan cepat,” lanjut Obama
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3176 seconds (0.1#10.140)