Barzani : Iran Kirim Senjata Kepada Kami

Selasa, 26 Agustus 2014 - 23:47 WIB
Barzani : Iran Kirim Senjata Kepada Kami
Barzani : Iran Kirim Senjata Kepada Kami
A A A
ERBIL - Presiden negara otonom Irak, Kurdi, Massud Barzani menyatakan, pihaknya mendapatkan bantuan senjata dari pemerintah Iran. Negara tetangga Irak itu dikabarkan sebagai negara pertama yang langsung memberikan senjata kepada Kurdi untuk memerangi ISIS.

Melansir Al Arabiya, Selasa (26/8/2014), kepastian penyerahan senjata itu didapat ketika Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif melakukan kunjungan kerja ke Kurdi. Ini adalah kali pertama Iran secara terang-terangan memberikan batuan kepada tetangga mereka.

"Republik Islam Iran adalah negara pertama yang memberikan bantuan kepada kami. Iran memberi kami senjata dan peralatan tempur," kata Barzani pada konferensi pers bersama Mohammad Javad Zarif di Erbil, ibu kota Kurdi.

“Kami telah meminta bantuan senjata kepada beberapa negara, dan Iran merupakan negara yang paling cepat merespon permintaan kami,” Barzani menambahkan. Selain Iran, Jerman juga dikabarkan sedang mempersiapkan bantuan serupa kepada Kurdi.

Zarif, yang tiba di Irak akhir pekan lalu, menegaskan, untuk sementara Iran hanya akan memberikan dukungan berupa senjata. “Untuk saat ini kami belum berencana memberikan bantuan berupa pengiriman senjata ke wilayah Irak ataupun Kurdi,” ucap Zarif.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3747 seconds (0.1#10.140)