ISIS Rekrut Remaja lewat Twitter

Kamis, 14 Agustus 2014 - 12:31 WIB
ISIS Rekrut Remaja lewat Twitter
ISIS Rekrut Remaja lewat Twitter
A A A
LONDON - Para militan Inggris yang bergabung dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) merekrut para remaja melalui media sosial. Mereka memanfaatkan Twitter dan ask.fmdengan membujuk remaja belasan tahun dengan dalih “perang suci”.

Para remaja laki-laki ditawari untuk bergabung dengan ISIS dan memiliki senjata. Dalam satu percakapan di media sosial, seorang militan ISIS yang menyebut dirinya dengan nama Abu Farris mengatakan, seorang remaja 15 tahun tidak perlu takut untuk mejalankan misi “perang suci”.

“Percayalah, ketika Anda di sini, Anda akan memiliki saudara untuk diajak bicara. Jangan takut. Remaja 15 tahun bisa beraksi, jadi mengapa Anda tidak bisa?,” ujar Abu Faris dalam percakapan itu, seperti dikutip Mirror, semalam (13/8/2014).

Abu Farris dianggap sebagai salah satu dari sekitar 500 militan Inggris yang bergabung dengan ISIS dan mengepung ribuan warga penganut Yazidi, di Irak utara.

Melalui media sosial ask.fm Abu Faris berupaya meyakinkan para remaja belasan tahun untuk bergabung dengannya dalam pertempuran.

Militan Inggris lainnya, Reyaad Khan mencoba memancing minat para remaja, dengan cara memamerkan fotonya saat memegang pistol di Twitter. Selain itu, para militan ISIS juga mengunggah video berjudul “No Life Without Jihad” atau tidak ada hidup tanpa jihad, yang berisi adegan mengerikan di Irak dan Suriah.

Pihak ask.fm menolak berkomentar soal pemanfaatan media sosia itu untuk perekrutan anggota ISIS. “Kami tidak mentolerir keberadaan teroris secara online dan propaganda ekstremis,” bunyi pernyataan pihak ask.fm.

”Kami sudah bekerja sama dengan industri internet untuk menghapus materi teroris di Inggris atau luar negeri dan terus bekerja dengan kelompok-kelompok masyarakat sipil untuk membantu mereka menentang promosi ideologi ekstremis online,” imbuh pernyataan itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1541 seconds (0.1#10.140)