WNI ke Jepang Bakal Bebas Visa

Selasa, 12 Agustus 2014 - 17:12 WIB
WNI ke Jepang Bakal Bebas Visa
WNI ke Jepang Bakal Bebas Visa
A A A
JAKARTA - Pemerintah Jepang berencana menerapkan kebijakan bebas visa bagi warga negara Indonesia (WNI) yang berkunjung ke Negeri Matahari Terbit itu.

Rencana kebijakan bebas visa oleh pemerintah Jepang untuk WNI itu disampaikan Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida saat berkunjung ke Jakarta, Selasa (12/8/2014).

Kishida bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa di kompleks Kemlu RI. Mereka membahas berbagai masalah kawasan hingga masalah internasional.

”Beliau membawa berita gembira. Bahwa Jepang akan memberikan bebas visa untuk warga Indonesia yang berkunjung ke Jepang,” kata Marty dalam jumpa pers bersama Kishida, di Gedung Pancasila.

Menurut Marty, rencana bebas visa bagi WNI yang berkunjung ke Jepang itu akan diberlakukan awal 2015. “Kalau tidak salah, Januari 2015, nanti dikonfirmasi lagi,” ujar Marty.

Indonesia, Marty melanjutkan, juga akan membalas kebijakan baik dari pemerintah Jepang. ”Ya, tentunya kita juga akan melakukan hal serupa. Waktunya belum. Tapi, sebaiknya disinergikan. Kalau pemerintah Jepang mulai awal 2015, kita bisa mengikutinya,” imbuh dia.

Menurutnya, kebijakan bebas visa oleh Jepang rencananya juga akan diberlakukan di beberapa negara ASEAN lainnya. “Ini menguntungkan berbagai sektor. Jumlah wisatawan Jepang yang ke Indonesia saja sangat banyak,” ucap Marty.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5006 seconds (0.1#10.140)