Indonesia Perlu Capres Alternatif yang Miliki Gagasan Nyata untuk Kemajuan Bangsa

Sabtu, 17 September 2022 - 11:10 WIB
loading...
Indonesia Perlu Capres Alternatif yang Miliki Gagasan Nyata untuk Kemajuan Bangsa
Peluang calon presiden (capres) alternatif untuk maju di Pilpres 2024 masih terbuka, seiring dengan stagnansi nama-nama capres yang sudah lebih dulu beredar. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Peluang calon presiden (capres) alternatif untuk maju di Pilpres 2024 masih terbuka, seiring dengan stagnansi nama-nama capres yang sudah lebih dulu beredar. Selain itu, masyarakat dinilai perlu mengajukan nama-nama capres alternatif yang memiliki gagasan nyata bagi pembangunan Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Lembaga Kata Rakyat, Alwan Ola Riantoby dalam acara diskusi bertajuk “Pemilu 2024, Perlukah Capres Alternatif” yang diselenggarakan oleh Kata Rakyat di Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Alwan menjelaskan masyarakat membutuhkan capres yang tidak melahirkan polarisasi dan konflik sosial. Oleh karena itu, capres alternatif perlu didorong untuk mencegah konflik di masyarakat.

Menurut Alwan, Ilham Akbar Habibie harus dipertimbangkan sebagai salah satu figur capres alternatif karena kiprahnya di bidang teknologi. Artinya, gagasan Ilham tentu akan sangat berguna bagi pembangunan Indonesia untuk semakin kompetitif.

"Selain Ilham, nama lain yang juga dapat dipertimbangkan ialah Rizal Ramli sebagai capres alternatif yang memiliki gagasan dalam bidang ekonomi,” jelasnya.

Turut hadir dalam diskusi ini, Peneliti Lembaga Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SPD) Muhamad Adnan Maghribbi. Adnan berpendapat bahwa Ini kesempatan bagi publik untuk menyebut nama-nama capres yang mereka sukai, sekalipun tidak begitu populer.

Memang akan ada hambatan bagi nama-nama yang akan beredar sebagai capres alternatif, namun ada kesempatan untuk menyeleksi capres alternatif dalam setahun ke depan. Adnan juga mengajak warga kalangan milenial untuk aktif mencari nama-nama figur capres alternatif yang memiliki visi dan gagasan.

Senada dengan Alwan, Apriyanti Marwah, Peneliti Lembaga Kata Rakyat memaparkan hasil survei di media sosial tentang pandangan warga mengenai capres pilihan. Baca juga: Elektabilitas Prabowo Duduki Peringkat Satu di Bursa Capres 2024

Dalam survei tersebut, 75% responden memilih capres berdasarkan gagasan dan visi. “Selama ini, capres populer masih berkutat pada popularitas, belum masuk ke gagasan,” kata Apriyanti.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2201 seconds (0.1#10.140)