Perayaan Lebaran Dibom, Sepupu Presiden Karzai Tewas

Selasa, 29 Juli 2014 - 16:22 WIB
Perayaan Lebaran Dibom, Sepupu Presiden Karzai Tewas
Perayaan Lebaran Dibom, Sepupu Presiden Karzai Tewas
A A A
KANDAHAR - Hashmat Karzai, sepupu Presiden Afghanistan Hamid Karzai, tewas saat diserang oleh pembom bunuh diri, Selasa (29/7/2014). Serangan mematikan itu terjadi saat dia merayakan Idul Fitri atau Lebaran di rumahnya, di Kandahar.

Hashmat Khalil Karzai yang menjadi tuan rumah perayaan Lebaran, tiba-tiba didatangi tamu tak dikenal. Tamu yang membawa bahan peledak itu leluasa menemui Hashmat dan menyapanya.

Pihak kantor gubernur provinsi setempat, mengatakan pembom itu telah berpakaian secara baik dan tidak mencurigakan.

”Gayanya sangat modern, segala sesuatunya baru, dan ketika ia datang untuk berbicara dengan Hashmat Khalil dan ingin berbagi kebahagiaan Idul Fitri. Dia kemudian meledakkan dirinya,” bunyi pernyataan kantor gubernur itu, seperti dikuitp Reuters.

Hingga kini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri itu.

Serangan itu dicurigai karena persoalan politik terkait kekisruhan pemilu presiden untuk menggantikan Karzai. Mantan Menteri Luar Negeri Abdullah Abdullah, yang juga calon presiden pengganti Karzai mengatakan pemilu presiden telah dirusak oleh kecurangan.

Presiden baru sedianya akan dilantik bulan depan. Ghani, mantan pejabat Bank Dunia, yang juga calon presiden dalam pemilu beberapa bulan lalu mengutuk pembunuhan penasehatnya itu. ”(Kami) mengutuk tindakan ini, itu musuh-musuh Afghanistan,” tulis dia dalam akun Twitter-nya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4478 seconds (0.1#10.140)