Negara Muslim Harus Bersatu Dukung Gaza

Senin, 28 Juli 2014 - 21:24 WIB
Negara Muslim Harus Bersatu Dukung Gaza
Negara Muslim Harus Bersatu Dukung Gaza
A A A
TEHERAN - Iran kembali menyerukan kepada negara-negara muslim untuk terus membantu Palestina. Kali ini Iran meminta kepada seluruh negara muslim untuk bersatu dan mendesak Israel agar membuka blokade terhadap Gaza.

Melansir Xinhua, Senin (28/7/2014), seruan ini sendiri diutarakan oleh Menteri Luar Negeri Iran, Muhammad Javad Zarif saat melakukan perbincangan telepon dengan Menteri Luar Negeri dari Yordania, Aljazair, Sudan dan Maroko, semalam.

“Negara-negara muslim harus bersatu dan terus meningkatkan upaya diplomatik untuk mengakhiri blokade yang dilakukan oleh Israel di Gaza,” ungkap Zarif. Ia juga menegaskan, upaya bantuan kemanusiaan, seperti pengiriman obat-oabatan serta makanan kepada warga Gaza harus terus ditingkatkan.

Dia juga meminta kepada negara muslin di gerakan Non-Blok untuk melakukan aksi nyata dalam menghentikan agresi militer Israel di Gaza.

“Negara muslim yang tergabung dalam gerakan Non-Blok juga harus mengambil aksi bersama di tingkat internasional dan mendesak pemerintah Israel untuk menghentikan serangan terhadap wilayah Gaza,” Zarif menambahkan.

Menurut dirinya, tuntutan Hamas yang mewakili warga Gaza kepada Israel adalah sesuatu hal yang sagat wajar. Hamas terus menuntuk pencabutan blokade di Gaza sebagai syarat utama untuk melakukan gencatan senjata.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4192 seconds (0.1#10.140)