Sebelum MH17 Jatuh, Jet Tempur Ukraina Muncul Sedekat 3 Km

Selasa, 22 Juli 2014 - 08:39 WIB
Sebelum MH17 Jatuh, Jet Tempur Ukraina Muncul Sedekat 3 Km
Sebelum MH17 Jatuh, Jet Tempur Ukraina Muncul Sedekat 3 Km
A A A
DONETSK - Pesawat jet tempur Ukraina SU-25 mendekati pesawat Malaysia Airlines MH17 sebelum jatuh. Bahkan, pesawat jet tempur Ukraina berada di dekat pesawat MH17 dengan jarak hanya berjarak tiga sampai lima kilometer sebelum MH17 jatuh.

Kejanggalan itu terdeteksi militer Rusia. Kementerian Pertahanan Rusia minta militer Ukraina menjelaskan kejanggalan itu. (Baca: Dua Jet Tempur Ukraina Dekati MH17 sebelum Jatuh)

“Sebuah pesawat jet tempur Ukraina terdeteksi terbang tinggi, Jaraknya dari pesawat Boeing Malaysia (MH17) hanya berjarak tiga sampai lima kilometer,” kata Kepala Operasi Utama Direktorat Markas Pasukan Militer Rusia, Letnan Jenderal Andrey Kartopolov, dalam konferensi pers di Moskow.

”(Kami) ingin mendapatkan penjelasan mengapa pesawat jet militer terbang di sepanjang koridor penerbangan sipil pada waktu yang hampir sama dan pada ketinggian yang sama dengan pesawat penumpang,” lanjut dia, seperti dikutip Russia Today, semalam (21/7/2014).

”Pesawat jet tempur SU-25 jet mampu terbang hingga ketinggian 10km, itu menurut spesifikasinya,” sambung Kartopolov. ”(Pesawat jet) ini dilengkapi dengan rudal R-60 rudal yang dapat menghantam target pada jarak hingga 12km, apalagi untuk jarak lima kilometer sangat yakin bisa.”

Terdeteksinya pesawat jet tempur Ukraina, Kartopolov melanjutkan, telah terkonfirmasi oleh rekaman video yang dibuat oleh pusat pemantauan Rostov.

Selain itu, pada saat tragedi MH17 terjadi, satelit Amerika Serikat juga beroperasi di atas wilayah Ukraina timur. Sehingga Amerika Serikat sebenarnya bisa mengungkap apa sebenarnya yang terjadi dengan pesawat MH17. Kementerian Pertahanan Rusia mendesak Amerika Serikat merilis foto-soto citra satelit tragedi MH17.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3915 seconds (0.1#10.140)