Oposisi Tunjuk Pesaing Assad, Suriah Punya Dua Presiden

Rabu, 09 Juli 2014 - 10:55 WIB
Oposisi Tunjuk Pesaing Assad, Suriah Punya Dua Presiden
Oposisi Tunjuk Pesaing Assad, Suriah Punya Dua Presiden
A A A
DAMASKUS - Suriah sudah menggelar pemilihan presiden bulan lalu dan Bashar al-Assad kembali terpilih sebagai presiden negara itu. Namun, oposisi Suriah juga menggelar pemilu tandingan dengan memilih Hadi al-Bahra sebagai presiden baru Suriah versi oposisi.

Dengan demikian, kini Suriah memiliki dua presiden dari dua kubu yang berseteru. Presiden Bahra pilihan oposisi Suriah adalah kepala negosiator dalam perundingan damai di Jenewa beberapa bulan lalu.

Pihak koalisi oposisi Suriah pada Rabu (9/7/2014) telah menggelar pertemuan tiga hari di Istanbul. Bahra adalah seorang insinyur industri yang terlatih dan disiapkan oposisi untuk menggantikan Assad.

Pemimpin Koalisi Oposisi Nasional Suriah, Ahmad Jarba, mengatakan, sosok Bahra merupakan tokoh yang dekat dengan Arab Saudi dan pernah tinggal di sana.

”Hadi al-Bahra memenangkan pemilihan presiden dari suara anggota koalisi oposisi sebanyak 62 orang,” tulis Jarba dalam halaman Facebook-nya, hari ini seperti dikutip Reuters.

Adanya dualisme kepemimpinan di Suriah membuat konflik politik di negara itu semakin memanas. Oposisi Suriah selama ini didukung negara-negara Barat, terutama Amerika Serikat. Ketika Assad terpilih sebagai presiden dalam pemilu bulan lalu, oposisi dan Amerika Serikat mengolok-olok hasil pemilu dengan sebutan parodi demokrasi.

Sedangkan kubu Assad didukung Rusia, yang mengirimkan delegasi khusus untuk memantau pemilu presiden yang akhirnya dimenangkan Assad. Hingga kini kubu Assad belum merespons keputusan oposisi yang memilih presiden baru Suriah sebagai tandingan presiden Assad.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3845 seconds (0.1#10.140)