Di Filipina, Ganja Dibolehkan Hanya untuk Obat

Selasa, 08 Juli 2014 - 11:32 WIB
Di Filipina, Ganja Dibolehkan Hanya untuk Obat
Di Filipina, Ganja Dibolehkan Hanya untuk Obat
A A A
MANILA - Penggunaan ganja untuk tujuan medis diperbolehkan di Filipina. Pelegalan ganja untuk obat itu disetujui Perwalian Gereja Filipina kemarin (7/7/2014).

Namun, penggunaan ganja untuk obat itu tidak bisa sembarangan. Pihak gereja memberikan syarat khusus dibolehkannya penggunaan ganja untuk obat.

Kepala Konferensi Gereja Katolik Filipina, Uskup Agung Socrates Villegas, mengatakan gereja tetap tegas menentang penggunaan ganja untuk tujuan senang-senang atau pesta.

”Kami tidak mempromosikan penggunaan ganja. Kami hanya mengacu pada penyembuhan pasien, pasien yang sakit parah,” katanya dalam konferensi pers kemarin terkait pengumuman kunjungan Paus Fransiskus ke Filipina, Januari 2015 mendatang.

”Solusi terbaik adalah dengan memberikan (ganja) kepada orang-orang untuk mengatasi rasa sakit mereka, ketika mereka mendekati ajal,” lanjut dia, seperti dikutip AFP.

Villegas mengatakan penggunaan ganja akan tetap tunduk di bawah aturan gereja dan dapat disetujui oleh pemerintah tanpa melalui undang-undang.

Penggunaan ganja untuk tujuan medis, telah disahkan di banyak masyarakat dan bahkan di beberapa negara, namun pemerintah Filipina masih melarangnya.

Para pemimpin gereja kini mengajukan pelegalan ganja untuk tujuan medis ke DPR. Selama ini hukum penggunaan ganja di Filipina sangat keras, yakni penjara seumur hidup atas kepimilikan ganja yang jumlahnya hanya 500 gram (17,6 ons).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4803 seconds (0.1#10.140)