Bahrain Usir Diplomat Amerika Serikat

Selasa, 08 Juli 2014 - 08:59 WIB
Bahrain Usir Diplomat Amerika Serikat
Bahrain Usir Diplomat Amerika Serikat
A A A
AL MANAMA - Seorang diplomat Amerika Serikat diperintahkan untuk hengkang dari Bahrain. Musababnya, diplomat itu menggelar pertemuan dengan anggota kelompok oposisi Syiah yang dianggap sebagai bentuk intervensi urusan dalam negeri Bahrain.

Tom Malinowski, Asisten Menteri Luar Negeri untuk Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Tenaga Kerja, pergi ke Bahrain pada hari Minggu lalu. Selama di Baharin, diplomat AS itu melakukan pertemuan dengan anggota partai Al Wifaq, partai oposisi Bahrain.

Kementerian Luar Negeri Bahrain menganggap tindakan diplomat AS itu sudah mencampuri urusan dalam negeri Bahran.

“Malinowski mengadakan pertemuan dengan pihak tertentu yang merugikan lawan bicara lain, melanggar norma-norma diplomatik dan mencemooh hubungan antarnegara yang sudah berjalan normal,” demikian laporan kantor berita negara Bahrain, BNA.

Malinowski dijadwalkan mengunjungi Bahrain selama tiga hari. Selain melakukan pertemuan dengan anggota Partai Al Wifaq, dia juga berencana melakukan pertemuan dengan pejabat pemerintah dan aktivis hak asasi manusia terkemuka, Nabeel Rjab.

“Dalam pertemuan dengan anggota partai Al Wifaq, tindakan Malinowski telah bertentangan dengan norma-norma diplomatik konvensional,” bunyi pernyataan Departemen Luar Negeri Bahrain, seperti dikutip BBC, semalam (7/7/2014).

Bahrain, negara kecil di dekat Semenanjung Arab telah mengalami pergolakan, di mana kelompok Syiah memprotes dominasi politik kelompok monarki Sunni. Sejauh ini pembicaraan kedua kubu politik itu belum membuahkan hasil.

Kendati mengusir diplomat AS, Kementerian itu menyatakan, hubungan Bahrain dengan AS tidak akan terganggu. ”Pemerintah Bahrain menegaskan bahwa hal ini tidak boleh mempengaruhi hubungan kedua negara yang menjadi kepentingan bersama,” lanjut pernyataan kementerian itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4522 seconds (0.1#10.140)