Khdair Dikubur, Ribuan Rakyat Palestina Berduka

Sabtu, 05 Juli 2014 - 14:38 WIB
Khdair Dikubur, Ribuan Rakyat Palestina Berduka
Khdair Dikubur, Ribuan Rakyat Palestina Berduka
A A A
YERUSALEM - Pemakaman Mohammed Abu Khdair, 17, remaja Palestina yang diculik dan dibunuh beberapa hari lalu dihadiri ribuan pelayat. Rakyat Palestina berkabung untuk remaja itu yang diyakini korban balas dendam atas pembunuhan tiga remaja Israel sebelumnya.

Khdair diculik di luar rumah keluarganya pada Rabu pagi. Jasadnya yang dalam kondisi hangus ditemukan di sebuah hutan di Yerusalem beberapa jam setelah diculik. Jenazah remaja Palestina selama dua hari dilakukan tes forensik.

Usai tes forensik jenazahnya diturunkan dari ambulans, dan buru-buru dibawa ke masjid. ”Ini ada cara untuk mengubur seorang martir,” kata Samir Abu Saleh, yang menunggu di luar masjid. ”Dia seharusnya sudah dikubur dua hari lalu,” katanya lagi, seperti dikutip Al Jazeera, Sabtu (5/7/2014).

Saat menuju ke lokasi pemakaman, sejumlah warga Palestina melemparkan batu ke arah polisi Israel yang bertugas di perbatasan. Para polisi Israel membalasnya dengan tembakan gas air mata. (Baca: Pemakaman Pemuda Palestina Diwarnai Kerusuhan)

Menurut warga setempat, hari pemakaman Khdair yang diwarnai bentrokan adalah hari terburuk dalam beberapa tahun terakhir.Akibat bentrok itu, sebanyak 73 orang terluka.

Sementara itu, sebuah perintah pembungkaman terhadap media-media Israel muncul. Perintah dari pemerintah Israelitu bertujuan agar pemberitaan kematian Khdair bisa diredam.

Beberapa wartawan sempat berspekulasi, bahwa pembunuhan remaja itu buntut dari perselisihan keluarga. Namun, banyak pihak tetap percaya pembunuhan remaja Palestina itu adalah bentuk balas dendam atas dibunuhnya tiga remaja Israel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4599 seconds (0.1#10.140)