Tiga Tentara AS di Afghanistan Tewas Dibom Taliban

Sabtu, 21 Juni 2014 - 10:40 WIB
Tiga Tentara AS di Afghanistan Tewas Dibom Taliban
Tiga Tentara AS di Afghanistan Tewas Dibom Taliban
A A A
KABUL - Militan Taliban di Afghanistan meluncurkan serangan terhadap pasukan NATO dan pasukan Afghanistan kemarin. Tiga tentara Amerika Serikat (AS) dan anjing militer tewas dalam serangan itu.

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengkonfirmasi bahwa tiga tentara AS yang tergabung dalam pasukan ISAF tewas. ”Tiga anggota ISAF dan seekor anjing militer ISAF tewas dalam serangan bom rakitan di Afghanistan selatan hari ini (kemarin),” bunyi pernyataan NATO, seperti dikutip Voice of Russia, Sabtu (21/6/2014).

Para pejabat pertahanan AS juga mengakui tiga tentara yang tewas akibat bom dari Taliban adalah pasukan mereka. Sedangkan anjing militer yang tewas, juga diakui merupakan anjing militer AS yang selama ini bertugas mengendus bahan peledak dan ranjau di Afghanistan.

Serangan itu terjadi di Distrik Nad Ali, Provinsi Helmand. ”Serangan bom itu dilakukan, dengan diletakkan di sepeda motor dan meledak di dekat rombongan patroli ISAF,” ujar juru bicara gubernur provinsi, Omar Zawak.

Sementara itu, Taliban melalui pesan tertulis mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan tiga tentara AS. Insiden itu menyusul serangan Taliban terhadap pasukan NATO 10 hari lalu, di mana lima tentara AS tewas dalam serangan di Provinsi Zabul.

NATO bersama 50 ribu pasukan tempurnya yang tersisa akan hengkang dari Afghanistan akhir tahun ini. Sedangkan khusus untu pasukan AS, masih ada sebagian yang akan ditugaskan di negara itu hingga 2016.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4126 seconds (0.1#10.140)