Abaikan Lobi Korsel, Korut Hukum Berat Misionaris Seoul

Kamis, 12 Juni 2014 - 16:23 WIB
Abaikan Lobi Korsel, Korut Hukum Berat Misionaris Seoul
Abaikan Lobi Korsel, Korut Hukum Berat Misionaris Seoul
A A A
PYONGYANG - Pemerintah Korea Utara (Korut) pada Kamis (12/6/2014), menolak lobi dari pemerintah Korea Selatan (Korsel) yang ingin bahas nasib misionaris Seoul yang ditangkap aparat Pyongyang. Misionaris itu telah dihukum berat berupak hukum kerja paksa seumur hidup.

Kim Jeong-wook, misionaris asal Seoul itu ditangkap dan dihukum di Korut atas tuduhan menjadi mata-mata dan mengoperasikan sebuah gereja bawah tanah di Pyongyang.

Awal pekan lalu, Korsel mengajukan lobi untuk bertemu dengan pemerintah Korut. Tujuannya, untuk membahas nasib Jeong-wok yang ditangkap di Korut Oktober 2013 lalu. Korut dengan tegas menolak lobi itu, karena Jeong-wook sudah dinyatakan bersalah melanggar hukum di Korut.

Lobi Korsel bukan sekali ini saja. Sudah berkali-kali pihak Seoul melobi Pyongyang agar membebaskan misionaris tersebut. Namun, bekali-kali pula Pyongyang menolaknya.

Pyongyang, seperti dikutip Channel News Asia, memandang misionaris asing sebagai elemen yang bisa mengobarkan kerusuhan di negara mereka. Korut sendiri sudah beberapa kali melakukan penangkapan terhadap beberapa misionaris asing, salah satunya yang berasal dari Amerika Serikat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4681 seconds (0.1#10.140)