Bhineka Tunggal Ika Jadi Tema AoC Ke-6

Jum'at, 06 Juni 2014 - 18:37 WIB
Bhineka Tunggal Ika Jadi Tema AoC Ke-6
Bhineka Tunggal Ika Jadi Tema AoC Ke-6
A A A
JAKARTA - Aoc atau Alliance of Civilazation sebuah organisasi PBB badan PBB yang begerak di bidang kemanusiaan, kebudayaan dan plurarisme, bersama Indonesia akan mengadakan konferensi internasional mengenai kemanusiaan dan kebudayaan di Balli, Agustus 2014 mendatang.

Acara itu rencananya akan dihadiri oleh 114 anggota Group of Friends (GoF) Aoc, 25 organisasi internasional, dan 11 kepala negara udangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hebatnya, tema yang diangkat dalam forum dunia itu tidak lain adalah semboyan rakyat Indonesia yakni, Bhineka Tunggal Ika.

“Konferensi ini setiap tahun mengangkat tema yang berbeda, tahun 2012 lalu saat dilaksanakan di Qatar, acara ini mengambil tema “promoting responsible leadership in diversity and dialogue”. Tahun ini konferensi ini akan mengambil tema Unity in Diversity atau Bhineka Tunggal Ika,” ungkap Direktur Jenderal Informasi dan Publikasi Kementerian Luar Negeri Indonesia, Duta Besar Esty Andayani di Jakarta, Jumat (6/6/2014).

Menurut Andayani, output atau hasil dari konferensi ini akan melahirkan deklarasi yang diharapkan mampu diimplementasikan oleh setiap negara yang menghadiri konferensi dunia tersebut. Tujuannya, untuk meningkatkan tenggang rasa atau toleransi antar-umat manusia.

Indonesia merupakan negara pertama di Asia Pasifik yang menyelenggarakan konferensi ini. Ini merupakan konferensi keenam semenjak 2008. Konferensi itu pertama kali digelar di Madrid, Spanyol.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4025 seconds (0.1#10.140)