Milisi Syiah dan Pasukan Yaman Bentrok, 120 Orang Terbunuh

Selasa, 03 Juni 2014 - 18:28 WIB
Milisi Syiah dan Pasukan Yaman Bentrok, 120 Orang Terbunuh
Milisi Syiah dan Pasukan Yaman Bentrok, 120 Orang Terbunuh
A A A
SANAA - Setidaknya 120 orang tewas di Yaman utara, setelah terjadi pertempuran antara para militan Muslim Syiah Houthi dengan pasukan pemerintah, kemarin. Demikian keterangan pejabat pemerintah Yaman, Selasa (3/6/2014).

Ahmed al - Bekry , Wakil Gubernur Provinsi Omran, Yaman, mengatakan, dari kubu militan Syiah sebanyak sekitar 100 orang tewas. Sedangkan dari kubu tentara pemerintah, 20 orang tewas.

Pertempuran sengit itu berakhir Semalam, setelah disepakati gencatan senjata. Pada hari ini, tidak ada laporan bentrokan susulan setelah kesepakatan tersebut. ”Hal-hal yang tenang ( hari ini) setelah upaya mediasi dipimpin oleh menteri dalam negeri,” kata Bekry kepada Reuters.

Yaman telah dilanda kekacauan sejak 2011, ketika protes massa memaksa presiden lama berkuasa Ali Abdullah Saleh mundur dari jabatannya. Para milisi Syiah menghendaki kekuasaan di wilayah utara Yaman. Mereka juga berseteru dengan militan al-Qaeda yang ingin menguasai wilayah selatan negara tersebut.

Bentrokan telah berulang kali meletus dalam beberapa bulan terakhir antara pasukan pemerintah dan militan kaum Syiah. Konflik di negara itu muncul karena sentimen sektarian, di mana para milisi Syiah tidak terima jika pemerintahan Yaman didominasi para politisi Muslim Sunni.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4806 seconds (0.1#10.140)