Jumlah korban ledakan tambang di Turki menjadi 301 jiwa

Sabtu, 17 Mei 2014 - 23:34 WIB
Jumlah korban ledakan tambang di Turki menjadi 301 jiwa
Jumlah korban ledakan tambang di Turki menjadi 301 jiwa
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Turki menyatakan pada Sabtu (17/5/2014), jumlah total korban tewas akibat ledakan tambang batubara di Kota Soma adalah 301 jiwa. Petugas penyelamat telah mengevakuasi dua jenazah penambang terakhir yang terperangkap di bawah tanah.

"Operasi penyelamatan dilakukan sampai selesai. Tidak ada penambang yang tersisa di bawah tanah," kata Menteri Energi Taner Yildiz kepada wartawan di lokasi bencana, seperti dikutip dari Reuters. Ini adalah kecelakaan tambang terburuk yang pernah terjadi di negara itu.

Sebelumnya, sebuah kebakaran sempat terjadi di area tambang batu bara itu. Akibat kebakaran itu, tim penyelamat terpaksa menghentikan upaya penyelamatan untuk mencari korban lain yang masih terjebak di area tambang.

Bencana tersebut telah menyebabkan gelombang kemarahan rakyat di Turki. Aksi protes dipicu oleh tuduhan kelalaian oleh operator tambang dan sikap pemerintah Turki yang dianggap tidak peka dengan besarnya bencana yang terjadi.

Aksi demo di sejumlah kota di Turki juga sempat diwarnai bentrokan antara pasukan keamanan dengan warga. Petugas terpaksa menembakan meriam air guna membubarkan massa.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5024 seconds (0.1#10.140)