Usai pemilu, negeri Nelson Mandela bergejolak

Sabtu, 10 Mei 2014 - 16:43 WIB
Usai pemilu, negeri Nelson Mandela bergejolak
Usai pemilu, negeri Nelson Mandela bergejolak
A A A
Sindonews.com – Pemilu di Afrika Selatan berakhir dengan munculnya kerusuhan di jalanan. Kerusuhan di negeri Nelson Mandela itu pecah setelah partai berkuasa, Kongres Nasional Afrika (ANC) menang pemilu dengan meraup 62,16 persen suara.

Protes jalan dan aksi kekerasan terjadi di jalanan wilayah Johanesburg semalam. Setidaknya 59 orang demonstran ditangkap. Demikian keterangan kepolisian Afrika Selatan, Sabtu (10/5/2014).

Polisi menggunakan peluru karet dan granat kejut untuk membubarkan demonstran di wilayah Alexandra, sebuah wilayah yang didominasi kaum miskin. Menurut juru bicara kepolisian Afrika Selatan, Brigadir Neville Malila, di wilayah itulah massa membakar ban di jalanan dan membangun barikade.”Pagi ini sudah tenang,” kata Malila, seperti dilansir Reuters.

Media setempat melaorkan, tentara ikut dikerahkan semalam untuk menertibkan para demonstran. Namun belum ada penjelasan dari pemerintah setempat, apakah militer siaga di lokasi kerusuhan atau sudah ditarik kembali.

Protes jalanan yang berakhir rusuh, bermula dari sekitar 400 orang berkumpul di luar pengadilan di Alexandra. Mereka menuntut pelepasan para demonstran lainnya yang ditangkap pada hari sebelumnya atau Kamis.

Meskipun ANC merupakan partai populer di Afrika Selatan setelah dianggap berjasa dalam membongkar sistem apartheid adalah tahun 1994, namun belakangan muncul rasa ketidakpuasan publik, setelah jutaan warga Afrika Selatan hidup dalam kemiskinan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4712 seconds (0.1#10.140)