Menhan Jepang bersumpah pertahankan wilayah negara

Senin, 13 Januari 2014 - 01:22 WIB
Menhan Jepang bersumpah pertahankan wilayah negara
Menhan Jepang bersumpah pertahankan wilayah negara
A A A
Sindonews.com – Menteri Pertahanan Jepang, Itsunori Onodera, pada Minggu (12/1/2014), bersumpah akan mempertahankan wilayah negara itu. Penegasan ini dilayangkan Onodera, setelah tiga kapal pemerintah China memasuki perairan yang disengketakan dengan Jepang.

Menurut Penjaga Pantai Jepang, kapal Penjaga Pantai Cina berlayar 12 mil laut ke wilayah perairan dari salah satu pulau di kepulauan Senkaku. Di China, kepualaun ini dikenal dengan nama Diaoyu. Penjaga Pantai Jepang menyatakan, kapal-kapal itu berada di perairan tersebut selama 2 jam.

"Kami tidak pernah dapat mengabaikan serangan berulang-ulang ke dalam wilayah perairan," tegas Onodera, seperti dikutip dari Channel News Asia.

"Di satu sisi, kita perlu melakukan upaya diplomatik. Tapi, kami juga ingin tegas dalam membela laut teritorial negara kita dan wilayah kami dengan Pasukan Bela Diri, bekerja sama dengan Penjaga Pantai,” lanjutnya.

Ini adalah pertama kalinya kapal-kapal Cina terlihat di perairan sengketa sejak 29 Desember lalu. Kapal penjaga pantai patroli Jepang telah mencoba untuk mengejar kapal-kapal China, yang bisa memicu ketegangan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5958 seconds (0.1#10.140)