Paus doakan Sudan Selatan & Suriah pada Natal pertama di Vatikan

Rabu, 25 Desember 2013 - 23:22 WIB
Paus doakan Sudan Selatan & Suriah pada Natal pertama di Vatikan
Paus doakan Sudan Selatan & Suriah pada Natal pertama di Vatikan
A A A
Sindonews.com – Paus Francis pada Rabu (25/12/2013), menyerukan akses bantuan kemanusiaan di Suriah dan "harmoni sosial" di Sudan Selatan. Ungkapan ini dilontarkan pada Natal pertamanya di Vatikan, setelah berbulan-bulan mengguncang Kepausan dengan gaya yang sederhana dan sentuhan umum.

Francis juga memanjatkan doa untuk menyelamatkan tentara anak-anak yang telah dirampok masa kecilnya dan untuk perdamaian di Republik Afrika Tengah (CAR) yang dilanda konflik. Menurut Paus, tentara anak-anak kerap dilupakan dan diabaikan.

Dalam pidato luas yang dikenal sebagai "Urbi et Orbi" (Kepada Kota dan Dunia), berkat yang menyentuh pada banyak konflik, Paus asal Argentina itu mengundang semua umat untuk bergabung dalam keinginan untuk perdamaian di dunia.

"Terlalu banyak nyawa telah hancur dalam beberapa kali oleh konflik di Suriah, memicu kebencian, dan balas dendam," kata Paus berusia 77 tahun itu di hadapan puluhan ribu umat Kristiani di Lapangan Santo Petrus.

"Mari kita terus meminta kepada Tuhan untuk mengampuni orang-orang Suriah tercinta dan untuk memungkinkan pihak-pihak dalam konflik untuk mengakhiri semua kekerasan dan menjamin akses ke bantuan kemanusiaan," katanya, seperti dikutip dari Reuters.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3638 seconds (0.1#10.140)