Amerika

Kongres tak akhiri shutdown, Obama ngambek

Kamis,  3 Oktober 2013  −  10:13 WIB
Kongres tak akhiri shutdown, Obama ngambek
Presiden AS, Barack Obama meratapi shutdown Pemerintah AS (Reuters)

Sindonews.com – Pembicaraan antara Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama dan para pimpinan Kongres  untuk mengakhiri pemblokiran anggaran (shutdown) Pemerintah AS menemui jalan buntu. Obama pun kesal, dan tidak akan berunding lagi dengan Kongres.

Demikian disampaikan pihak Gedung Putih. Mengutip laporan Reuters, Kamis (3/10/2013), Gedung Putih menirukan ucapan Obama, bahwa akal sehat yang akan memenangkan polemik kebuntuan anggaran pemerintah yang nyaris melumpuhkan semua sektor layanan publik AS.

”Presiden menegaskan kepada para pemimpin, bahwa ia tidak akan merundingkan kebutuhan untuk Kongres, sampai anggaran pemerintah dibuka kembali,” bunyi pernyataan Gedung Putih.

Para pemimpin partai di Kongres yang ditemui Obama untuk mengakhiri shutdown,  antara lain Ketua DPR dari Partai Republik, John Boehner, pimpinan Partai Demokrat, Nancy Pelosi, Pemimpin Umum Senat Harry Reid dan pimpinan Senat dari Partai Republik, Mitch McConnell.

Di akhir pertemuan, Obama diwawancarai stasiun televisi CNBC. ” Apakah saya putus asa? Tentu saya jengkel. Karena (shutdown) ini sama sekali tidak perlu,” kata Obama.

”Saya gemas dengan ide (shutdown). Saya katakan kepada 20 juta orang, Anda (semua) tidak bisa memiliki asuransi kesehatan,” ujarnya. ”Orang-orang ini (Kongres) tidak akan membuka kembali (anggaran) pemerintah. Itu tidak bertanggung jawab.”

Sehari sejak Kongres memutuskan shutdown Pemerintah AS, Obama  langsung mengumumkan penutupan sebagian layanan publik non-esensial. Kongres AS memblokir anggaran pemerintah, setelah gagal menyetujui anggaran yang dipicu dari perseteruan Partai Republik AS di Kongres dengan kubu Pemerintah Obama.
 
Dampak nyata shutdown, selain sebagian kantor pemerintah tutup, sekitar 700 ribu pegawai federal dirumahkan tanpa gaji. Tak hanya itu, nyaris sebagian besar fasilitas publik yang dibiayai anggaran pemerintah, seperti taman, museum, kebun binatang dan lainnya, tutup sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan.


(mas)

views: 2.968x
shadow