Timur Tengah

Turki bantah laporan pengiriman senjata ke Suriah

Senin,  26 Agustus 2013  −  02:14 WIB
Turki bantah laporan pengiriman senjata ke Suriah
Ilustrasi

Sindonews.com – Seorang pejabat senior Turki membantah laporan yang menyatakan, bahwa 400 ton senjata telah dikirim ke Suriah dari Turki. Demikian dilaporkan Turki Daily News, Minggu (25/8/2013).
 
"Klaim ini jelas tidak benar," kata pejabat yang tak disebutkan namanya itu kepada para wartawan. Ia menambahkan, bahwa Turki tidak terlibat dalam dugaan pengiriman senjata ke pemberontak Suriah.
 
Sebelumnya, media massa sempat melaporkan keberadaan 20 trailer senjata dari Turki dan didistribusikan ke depot di Suriah utara. Laporan ini muncul setelah adanya dugaan serangan senjata kimia pada basis pemberontak pinggiran Damaskus.
 
Pada pertengahan pekan lalu, beberapa aktivis oposisi Suriah menyatakan, pasukan Pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia dalam serangan di pinggiran timur Damaskus. Serangan ini menewaskan sedikitnya 1.300 orang.
 
Pemerintah Turki sendiri telah mendesak misi PBB yang saat ini beradan di Suriah untuk menyelidiki klaim itu sesegera mungkin. Serangan ini juga telah mengundang kecaman dari dunia internasional.


(esn)

views: 1.253x
shadow