China minta pejabat AS hati-hati tentang masalah Kepulauan Diaoyu

Jum'at, 23 Agustus 2013 - 23:43 WIB
China minta pejabat AS hati-hati tentang masalah Kepulauan Diaoyu
China minta pejabat AS hati-hati tentang masalah Kepulauan Diaoyu
A A A
Sindonews.com – Penasihat Negara China, Yang Jiechi, pada Jumat (23/8/2013), mendesak Amerika Serikat (AS) untuk benar-benar memahami masalah Kepulauan Diaoyu dan berhati-hati dengan pernyataan terkait konflik kepulauan antara China dan Jepang ini.

Sebuah laporan Kyodo mengutip pernyataan senator AS, John McCain, mengatakan pada pertengahan pekan lalu, bahwa kepulauan itu sebagai "wilayah Jepang" dan China melanggar hak fundamental Jepang.

Namun, Juru Bcara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki, telah menegaskan pada konferensi pers Kamis (22/8/2013), bahwa AS tidak mengambil posisi pada pertanyaan yang mendasari kedaulatan akhir dari pulau-pulau tersebut.

Hingga kini, China dan Jepang memang masih terus bersengketa soal kepulauan yang dikenal dengan nama Diaoyu di China dan Senkaku di Jepang itu. Kedua negara saling melaporkan pelanggaran kedaulatan yang dilakukan negara tetangga mereka.

Ketegangan meningkat, bila kapal atau pesawat salah satu pihak menerobos perairan atau ruang udara kepulauan tersebut. Pemerintah China mengklaim, bahwa kepulauan tersebut telah menjadi bagian dari wilayah China sejak beratus-ratus tahun lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5027 seconds (0.1#10.140)