Afrika

PBB mengutuk serangan yang menewaskan 7 pasukan UNAMID

Minggu,  14 Juli 2013  −  16:51 WIB
PBB mengutuk serangan yang menewaskan 7 pasukan UNAMID
pasukan Penjaga Perdamaian PBB yang menjalani misi pedamaian di Darfur (Istimewa)

Sindonews.com - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengutuk serangan yang menewaskan tujuh pasukan perdamaian PBB di Darfur, UNAMID dan menyebut serangan itu sebgai tindakan keji, Sabtu (13/7/2013).

"Ki-moon sangat marah saat mengetahui bahwa sejumlah orang telah menyerang konvoi tentara, polisi dan pasukan UNAMID di Khor Abeche, Darfur Selatan," ungkap Juru Bicara PBB, Martin Nesirky.

"Tujuh pasukan Tanzania dan 17 orang lainnya terluka. Mereka adalah empat polisi UNAMID dan 13 tentara," terang Nesirky.

Ki-moon lantas mengirimkan ungkapan rasa simpati mendalam kepada keluarga tentara yang tewas dan pemerintah Tanzania, selaku penyumbang pasukan UNAMID terbanyak di Sudan.

"Ki-moon mengutuk serangan ke tiga dalam tiga minggu ini dan meminta pemerintah Sudan mengambil tindakan tegas dan segera menangkap kelompok yang melancarkan serangan," ungkap Nesirky.

Sejak UNAMID hadir di Sudan pada 2007 lalu, tercatat sudah 40 anggota yang tewas. UNAMID sejauh ini memiliki lebih dari 19.500 tentara dan 6.400 tentara yang ditugaskan untuk membantu menjaga wilayah Sudan dari serangan pemberontak yang telah menewaskan lebih dari 300 ribu orang.


(esn)

views: 1.659x
Bagikan artikel ini :
shadow