Wajib Tahu! Ini Beragam Manfaat Vitamin D untuk Wanita Menopause

Rabu, 27 April 2022 - 19:29 WIB
loading...
Wajib Tahu! Ini Beragam Manfaat Vitamin D untuk Wanita Menopause
Salah satu upaya yang bisa dilakukan wanita menopause dalam menjaga kesehatan adalah mengonsumsi vitamin D secara rutin dan dalam jumlah yang tepat. / Foto: ilustrasi/socalbhrt
A A A
JAKARTA - Menopause adalah fase yang menandakan bahwa wanita sudah melawati masa-masa reproduktif. Artinya, di fase ini, wanita tak bisa lagi menghasilkan sel telur. Siklus haid bulanan pun akan benar-benar berhenti.

Menopause dapat pula menyebabkan banyak perubahan pada tubuh wanita. Hal ini bisa membuat wanita mengalami keluhan yang mengganggu, seperti hot flashes, perubahaan mood, vagina kering, dan sebagainya.

Tidak berhenti di situ, menopause juga membuat wanita lebih rentan terserang masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan lainnya.

Baca juga: Yuk, Kenali Lebih Dekat 6 Jenis Enzim Pencernaan dan Fungsinya

Lantas, adakah solusinya? Tentunya ada, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi vitamin D secara rutin dan dalam jumlah yang tepat.

Berikut ini sederet khasiat vitamin D untuk wanita menopause:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjelang masa menopause —atau disebut perimenopause—kadar estrogen tubuh akan berkurang dan haid menjadi jarang atau berhenti. Kondisi ini bisa membuat massa otot menyusut, yang bisa meningkatkan risiko osteoporosis.

Guna menurunkan risiko masalah pada tulang, Anda perlu mengonsumsi vitamin D secara rutin. Vitamin ini dapat membantu penyerapan kalsium dan meningkatkan kekuatan tulang.

2. Mengurangi Risiko Depresi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)