Hamas berupaya keluar dari daftar teroris dunia

Hamas berupaya keluar dari daftar teroris dunia
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com – Salah satu faksi terbesar di Palestina, Hamas, tengah berupaya untuk menghapus nama mereka dari daftar organisasi teroris dunia. Upaya dilakukan dengan mengadakan pertemuan dengan para pejabat Amerika Serikat (AS) dan Eropa.
 
“Serangkaian pertemuan dengan para pejabat Eropa telah diselenggarakan di Gaza, Kairo, dan negara-negara lain,” jelas Ghazi Hammad, Wakil Menteri Luar Negeri Hamas, Rabu (19/6/2013), seperti dikutip dari Xinhua.
 
"Pertemuan-pertemuan yang dilakukan, termasuk dengan para pejabat AS. Pertemuan dilakukan terditutup dan dijauhkan dari media massa. Pertemuan ini ditujukan untuk menghilangkan Hamas dari daftar organisasi teroris," kata Hammad.
 
Dia menambahkan, bahwa tidak ada pembenaran hukum atau politik untuk tetap membiarkan gerakan Hamas tetap berada dalam daftar itu. “Hamas juga mencoba untuk membangun kontak positif dengan semua partai politik, tidak hanya Gerakan Ikhwanul Muslimin di Mesir,” jelasnya.
 
Sejak Juni 2007, AS, negara-negara di Eropa dan Israel, memasukan Hamas ke dalam daftar teroris. Penetapan ini bertepatan dengan berkuasanya Hamas di Jalur Gaza. Pada 2007 pula, kekuasan di tanah Palestina terbagi dua, Hamas berkuasa di Jalur Gaza, sedangkan Fatah memerintah di Tepi Barat.


(esn)
dibaca 2.725x
Top