Semua Kapal Rusia Dilarang Singgah di Pelabuhan AS, Ikuti Jejak Uni Eropa

Sabtu, 23 April 2022 - 01:00 WIB
loading...
Semua Kapal Rusia Dilarang Singgah di Pelabuhan AS, Ikuti Jejak Uni Eropa
Kapal kargo Rusia dicegat di English Channel oleh Angkatan Laut Prancis. Foto/Twitter
A A A
WASHINGTON - Washington akan mengikuti jejak Uni Eropa (UE) dan melarang semua kapal yang berafiliasi dengan Rusia untuk berlabuh di pelabuhan AS.

Keputusan itu diumumkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Kamis (21/4/2022). Ini berlaku untuk semua kapal yang mengibarkan bendera Rusia, dimiliki, atau dioperasikan oleh entitas dari negara tersebut.

“Tidak ada kapal, tidak ada kapal yang berlayar di bawah bendera Rusia, atau yang dimiliki atau dioperasikan oleh kepentingan Rusia, akan diizinkan berlabuh di pelabuhan AS atau mengakses pantai kami. Tidak ada,” tegas Biden pada Kamis pagi di Gedung Putih, setelah bertemu perdana menteri Ukraina.



Uni Eropa melarang kapal-kapal Rusia dari pelabuhannya pada 6 April. Biden mengatakan langkah itu bermaksud, “menyangkal manfaat dari sistem ekonomi internasional yang mereka nikmati di masa lalu.”



Selain larangan pelabuhan, Biden mengumumkan program untuk membiarkan orang Ukraina berimigrasi ke AS secara langsung, bantuan ekonomi langsung senilai USD500 juta ke Kiev dengan total USD1 miliar sejak Februari, dan USD800 juta lagi dalam bentuk senjata, amunisi, dan peralatan.



“Bantuan baru akan melihat puluhan howitzer dan 144.000 butir amunisi dikirim ke militer Ukraina,” papar Biden.

AS juga berbagi “intelijen tepat waktu yang signifikan” dengan Kiev dan mengoordinasikan pengiriman senjata dari sekutu dan mitra. “Mengirim mereka langsung ke garis depan kebebasan,” ujar Biden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)