Pemilihan Presiden Iran

Khamenei: Hasil Pemilu, kemenangan Republik Islam

Khamenei: Hasil Pemilu, kemenangan Republik Islam
Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei memberikan suaranya (Reuters)
A+ A-
Sindonews.com - Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan pada Sabtu (15/6/2013), bahwa apa pun hasil dari pemilihan presiden, adalah kemenangan Republik Islam. Kemenangan calon moderat, Hassan Rohani, katanya, menjadi mosi percaya di republik para Mullah itu.
 
”Sebuah suara untuk salah satu calon ini adalah suara untuk Republik Islam dan mosi percaya dalam sistem,” kata Khamenei melalui akun Twitter-nya. Sebelumnya, Khamenei menyerang AS yang meragukan kredibilitas pemilihan Presiden Iran. ”Persetan denganmu (AS),” kecam Khamenei pada Jumat.
 
Hasil Pemilihan Presiden Iran, menempatkan Capres dari kubu moderat yang didukung kubu reformis, Hassan Rohani di urutan teratas dengan kemenangan mutlak, lebih dari 50 persen suara. Langkah Rohani untuk menggantikan Presiden Mahmoud Ahmadinejad diprediksi akan mulus.
 
Hasil penghitungan suara pada Sabtu (15/6/2013), Rohani menang telak dengan perolehan suara 52,30 persen suara. Kementerian Dalam Negeri Iran menyatakan, perolehan suara yang di atas 50 persen itu praktis tidak akan berlanjut ke putaran kedua yang sedianya digelar 21 Juni.
 
Pesaing terdekatnya, Mohammad Baqer Qalibaf (Walikota Teheran), jauh tertinggal dengan perolehan suara 17,33 persen.
 
Pesatnya perolehan suara Rohani, diyakini berkat dukungan dari kandidat reformis, Mohammad Reza Aref yang mundur dari pertarungan. Terlebih, kampanye Rohani juga didukung mantan Presiden Mohammad Khatami dan Akbar Hashemi Rafsanjani.


(esn)
dibaca 3.204x
Top