Timur Tengah

Kapal perang AS berlabuh di Israel

Rabu,  15 Mei 2013  −  14:14 WIB
Kapal perang AS berlabuh di Israel
USS Kearsarge (istimewa)

Sindonews.com - USS Kearsarge, sebuah kapal perang milik Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) berlabuh di Pelabuhan Eilat, Israel, Selasa (14/5/2013). Atase militer AS di Israel mengatakan, kunjungan ini merupakan kunjungan kapal perang AS pertama ke Pelabuhan di Laut Merah sejak 14 tahun belakangan.

Juru Bicara Angkatan Pertahanan Israel di Yerussalem mengatakan kepada Xinhua, bahwa kunjungan tersebut tidak ada kaitanya dengan peningkatan ketegangan yang terjadi di Timur Tengah.

"Kapal AL AS tersebut mengunjungi pelabuhan untuk menggelar operasi rutin AL AS di Laut Mediterania dan Teluk Persia. Kunjungan ke pelabuhan ini telah dijadwalkan sebelumnya," ungkap juru bicara Isreal.

Menurut harian Ha'aretz, Isreal selama empat hari ke depan akan menjadi tuan rumah bagi sekitar 1.893 personel AL AS yang berada di atas USS Kearsarge. Selama beberapa hari ke depan, AL Israel dan AS akan mengadakan latihan manuver bersama di Laut Mediterania dan sejumlah tempat lainnya.

USS Kearsarge adalah sebuah kapal serbu amfibi yang memiliki landasan pesawat. Selain membawa ribuan awak, kapal berukuran 257 meter ini juga membawa sejumlah helikopter temput dan pesawat V-22 Osprey. Kapal yang merupakan bagian dari kelompok kapal penyerang yang berbasis di Norfolk, Virginia ini juga dilengkapi dengan dua pemandu fregat rudal, kapal selam penyerang dan, USS Miami.

Kapal ini biasa melakukan operasi keamanan di wilayah teluk, serta memberikan bantuan kemanusiaan dan juga bencana.


(esn)

views: 1.447x
Bagikan artikel ini :
shadow