Eropa

Iran berupaya selesaikan sengketa dengan Rusia soal rudal S-300

Senin,  10 Juni 2013  −  23:10 WIB
Iran berupaya selesaikan sengketa dengan Rusia soal rudal S-300
Sistem rudal S-300 Rusia

Sindonews.com – Iran berusaha untuk menyelesaikan sengketa kontraknya dengan Rusia soal pasokan sistem rudal anti-pesawat S-300. Demikian dinyatakan  oleh Duta Besar Iran untuk Moskow, Reza Sajjadi, Senin (10/6/2013).
 
"Kami ingin menyelesaikan masalah itu secara damai dan tidak ingin akan ada gangguan dalam hubungan kita dengan Rusia," kata Sajjadi, seperti dikutip dari Xinhua.
 
Sebelumnya, Iran telah menggugat Moskow di Mahkamah Arbitrase Internasional dan menuntut kompensasi USD950 juta untuk pembatalan kontrak yang dilakukan oleh Badan Ekspor Senjata Rusia, Rosoboronexport.
 
Pada 2010, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang  berisi larangan penjualan senjata konvensional ke Iran, termasuk sistem rudal, tank, dan kapal perang. Akibatnya, Rusia membatalkan kontrak penjualan sistem rudal S-300 ke Iran.
 
Rosoboronexport mengaku telah mencari kesepakatan soal penyelesaian pembatalan kontrak ini dengan Pemerintah Iran. Selain Iran, Pemerintah Rusia juga menjalin kontrak penjualan sistem rudal S-300 dengan Pemerintah Suriah.


(esn)

views: 3.687x
shadow