Asia Pasifik

Gerilyawan serang 4 truk pasokan NATO

Senin,  10 Juni 2013  −  17:09 WIB
Gerilyawan serang 4 truk pasokan NATO
Truk NATO yang terbakar (Xinhua)

Sindonews.com - Sejumlah militan menembaki dan meledakan truk yang mengangkut suplai kebutuhan pasukan NATO di Afghanistan, Senin (10/6/2013). Polisi Pakistan mengatakan, serangan itu terjadi saat truk tengah melintas di Landi Kotal, wilayah barat Pakistan.

Wilayah ini adalah salah satu dari dearah kesukuan di wilayah perbatasan Pakistan-Afghanistan yang menjadi surga bagi kelompok pemberontak yang terkait dengan Taliban dan al-Qaeda. "Sedikitnya tiga supir dilaporkan tewas, sementara enam kondekturnya menderita luka-luka akibat tembakan senjata api dan mortir militan, ungkap Azam Wazir, pejabat lokal kepada AFP. 

"Sejumlah pria bersenjata menyerang empat iring-iringan kontainer NATO, dua kontainer rusak ditembaki, dua lainnya hangus terbakar akibat tembakan mortir," ungkap Wazir.
 
Pada 2011, Pakistan sempat melarang truk pembawa suplai bagi pasukan NATO di Afghanistan untuk melintasi Pakistan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap kematian 24 tentara Pakistan, yang tewas dalam serangan pesawat pengebom AS.

NATO diizinkan melintas perbatasan Pakistan, setelah AS memenuhi tuntutan Pakistan untuk meminta maaf atas kematian 24 tentara Pakistan, yang tewas dalam serangan pesawat pengebom AS. Sebuah laporan di Kongres AS menyebutkan, perusahaan kontraktor truk rela membayar puluhan juta dolar setiap tahunnya kepada panglima perang lokal di seluruh Afghanistan demi menjaga kelancaran konvoi pasokan mereka. Sejumlah dana kabarnya mengalir ke Taliban.


(esn)

views: 1.722x
shadow