Asia Pasifik

Pertumbuhan penduduk Jepang sentuh titik terendah dalam 32 tahun

Minggu,  5 Mei 2013  −  14:38 WIB
Pertumbuhan penduduk Jepang sentuh titik terendah dalam 32 tahun
Peringatan hari anak Nasional di Jepang (Istimewa)

Sindonews.com -  Departemen Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang melaporkan, per 1 April  jumlah anak yang berusia 14 tahun ke bawah berada di titik terendah dalam 32 tahun terakhir. Saat ini, jumlah anak usia 14 tahun ke bawah tercatat hanya
16.490.000 jiwa.

Jumlah itu menunjukan penurunan berkelanjutan terhadap tingkat kelahiran bayi di negeri Sakura.

"Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Departemen Dalam Negeri dan Komunikasi, jumlah itu menujukan adanya penurunan sebesar 150 ribu anak dari tahun sebelumnya. Sementara itu, rasio anak dalam kelompok usia relatif dari total populasi di seluruh negeri mencapai angka tertinggi dengan tingkat pertumbuhan 12,9 persen," seperti dilansir Kyodonews, kantor berita Jepang.

Berdasarkan gender, total anak laki-laki di Jepang mencapai 8.440.000 jiwa, sementara anak perempuan jumlahnya lebih 400 ribu jiwa lebih banyak dari jumlah anak laki-laki.

Angka tersebut recanannya dirilis jelang hari libur nasional, Hari Anak Nasional yang jatuh tepat pada hari ini.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Jepang melaporkan, bahwa total penduduk Jepang pada 2011 adalah 126.240.000 jiwa, jumlah itu mengalami peurunan sebesar 204 ribu jiwa karena bencana alam tsunami. Mereka juga memperkirakan, jumlah itu akan berkurang menjadi sepertiganya dalam kurun waktu 50 tahun ke depan.

Meski telah mengalami jumlah penurunan populasi, tapi Jepang bersikeras menolak menerima imigran asing untuk menebus rendahnya total tingkat kesuburan warga negara.


(esn)

views: 5.533x
Bagikan artikel ini :
shadow