Amerika

Obama belum berpikir kirim pasukan ke Suriah

Sabtu,  4 Mei 2013  −  14:04 WIB
Obama belum berpikir kirim pasukan ke Suriah
Presiden Amerika Serikat Barack Obama (Istimewa)

Sindonews.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengatakan, dia tidak meramalkan sebuah skenario, bahwa dia akan mengirim pasukan darat AS ke Suriah.

Obama menegaskan, bahwa AS tidak akan mengesampingkan opsi apa pun dalam menghadapi situasi yang terjadi di Suriah. Sebab, AS masih melakukan penyelidikan soal apakah benar Suriah memang telah menggunakan senjata kimia. 

Tapi, sebagai presiden yang telah mencoba meredakan perang di Irak dan Afghanistan, dia terlihat cenderung tidak mengirimkan pasukan ke Suriah. "Saya tidak melihat adanya rencana demikian," ungkap Obama.

Obama mengatakan, sejumlah pemimpin di kawasan telah melakukan konsultasi dan mereka semua setuju dengan pedekatan yang dia gunakan.  
Obama sebelumnya telah mendapat kecaman dari beberapa kritikus di Washington, mereka menilai Obama menggunakan sebuah pendekatan yang kacau terhadap Suriah.

Tapi, Obama menegaskan, bahwa AS tidak berdiri untuk menunggu kepastian tentang senjata kimia di Suriah. "Kami tidak hanya menunggu. Kami sedang bekerja untuk menerapkan setiap titik tekanan bagi Suriah," ungkap Obama. 

Seperti diketahui, awal pekan ini Obama memperingatkan semua pihak agar tidak terburu-buru menghakimi, bahwa Pemerintah Suriah telah menggunakan senjata kimia pada rakyatnya sendiri.

Tidak seperti pendahulunya, George W. Bush, Obama sangsi untuk meluncurkan aksi militer ke Suriah tanpa adanya bukti yang kuat. Seperti diketahui, George W. Bush meluncurkan perang atas Irak karena AS yakin bahwa Irak memiliki senjata pemusnah masal. 

"Jika kita buru-buru menghakimi satu pihak tanpa bukti efektif, maka kita dapat membuat diri kita terjebak dalam posisi yang tidak mampu memobilisasi masyarakat internasional untuk apa yang telah kita lakukan," pungkas Obama.


(esn)

views: 1.310x
Bagikan artikel ini :
shadow