Eropa

Ada kemungkinan Rusia pasok jet tempur ke Suriah

Jum'at,  31 Mei 2013  −  18:32 WIB
Ada kemungkinan Rusia pasok jet tempur ke Suriah
Jet tempur Mig-29

Sindonews.com - Rusia bisa saja memasok 10 jet tempur MiG-29 ke Suriah. Kemungkinan pengiriman jet tempur itu, dibahas dalam kontrak oleh delegasi dari Damaskus. Demikian dilansir dari Interfax, Kamis (30/5/2013). 

"Ada delegasi Suriah di Moskow saat ini. Kami menentukan rincian kontrak ini," ujar Direktur Korporasi,  Jenderal Sergei Korotkov. Salah satu jet paling tempur yang bakal dikirim itu adalah jet tempur modern yang digunakan Angkatan Udara Rusia saat ini.

"Saya berpikir bahwa mereka akan dikirim ke Suriah," ujar Korkotov.  Interfax dan kantor berita RIA Novosti, menjelaskan,  dalam kontrak itu ada 10 jet tempur Mig-29 yang dilibatkan. Tapi, detailnya tidak dijabarkan.

Rusia mengklaim, pengiriman senjata ke Suriah hanya  untuk memenuhi kontrak yang ditandatangani dengan pemerintahan Presiden Suriah, Bashar al-Assad, sebelum konflik Suriah  pecah lebih dari dua tahun yang lalu.

Selain jet tempur, Rusia juga memastikan akan mengirim system rudal canggih S-300 bagi rezim Presiden Assad. Langkah Rusia ini disayangkan oleh banyak pihak, karena dikhawatirkan akan kian memicu pertikaian di Suriah.








(esn)

views: 2.963x
shadow