Asia Pasifik

Tentara China akan lakukan latihan militer digital

Rabu,  29 Mei 2013  −  22:17 WIB
Tentara China akan lakukan latihan militer digital
Ilustrasi

Sindonews.com – China pada bulan depan berencana untuk menggelar latihan militer digital. Latihan ini digelar di tengah munculnya kekhawatiran Amerika Serikat (AS) soal serangan cyber yang dilakukan hacker China ke jaringan militer AS.
 
Sebuah laporan singkat yang dirilis oleh kantor berita Xinhua mengatakan, latihan akan digelar di daerah terpencil, di wilayah utara China. “Latihan ini akan menguji pasukan tempur jenis baru, termasuk unit yang menggunakan teknologi digital, di tengah upaya untuk menyesuaikan diri dengan perang informasi,” sebut laporan Xinhua, Rabu (29/5/2013).
 
"Ini akan menjadi pertama kalinya, Tentara Pembebasan Rakyat melakukan latihan yang telah difokuskan pada pasukan tempur, termasuk unit digital, pasukan operasi khusus, tentara penerbangan, dan pasukan anti elektronik," tambah laporan itu.
 
Sementara itu, Presiden AS Barack Obama akan membahas keamanan dunia maya (cyber security) dengan Presiden China Xi Jinping selama pertemuan di California, AS, pekan depan. "Cyber security merupakan prioritas utama dari pemerintahan ini. Ini merupakan masalah utama yang kita miliki," kata Carney.
 
"Ini adalah masalah yang kita bahas di setiap tingkatan dalam pertemuan kami dengan mitra China dan saya yakin itu akan menjadi topik diskusi saat Presiden Obama bertemu dengan Presiden Xi di California pada awal Juni," kata Carney, seperti dikutip dari Reuters.
 
Di awal bulan ini, Pentagon menggarisbawahi kekhawatiran soal cyber security dalam laporan kepada Kongres AS. Pentagon menuduh China menggunakan spionase dunia maya untuk memodernisasi militernya.
 
Dikatakan Pentagon, Pemerintah AS telah menjadi target serangan cyber yang dilakukan untuk  diatribusikan langsung kepada pemerintah dan militer China. Pemerintah China sendiri membantah hal itu dan menyatakan, bahwa China juga kerap menjadi sasaran serangan cyber.


(esn)

views: 3.262x
shadow