Timur Tengah

Militer Suriah rebut Otabayah, pasokan senjata pemberontak terputus

Kamis,  25 April 2013  −  17:59 WIB
Militer Suriah rebut Otabayah, pasokan senjata pemberontak terputus
Satu lokasi di Kota Otabayah (Istimewa)

Sindonews.com - Militer Suriah berhasil merebut Kota Otabayah, sebuah kota strategis yang berada dekat Ibu Kota Damaskus dari tangan pemberontak, Kamis (25/4/2013). Kemenangan tersebut datang, setelah militer dan pemberontak terlibat pertempuran selama lima pekan belakangan.

"Rabu malam, militer Suriah berhasil menguasai kembali Kota Otabayah," ungkap Rami Abdel Rahman, Pengamat Hak Asasi Manusia di Suriah seperti dilansir Naharnet.

Laporan tersebut ditegaskan Pemerintah Suriah dalam pemberitaan yang diterbitkan oleh SANA, kantor berita Suriah. "Tentara berhasil mengandalikan secara penuh kontrol atas Kota Otabayah. Setelah melakukan penyisiran, militer menemukan sejumlah terowongan yang dibangun untuk jalur suplai senjata dan amunisi kepada teroris," sebut laporan itu.

Jatuhnya Kota Otabayah ke tangan militer menjadi kemunduran besar bagi pemberontak Suriah. Sebab, sebelumnya pemberontak berhasil merebut sebuah garnisun dan sejumlah kota-kota strategis yang terletak di dekat perbatasan Suriah-Yordania.

"Ini adalah sebuah kemenangan besar bagi rezim Pemerintah Suriah, sekaligus pukulan telak bagi kelompok oposisi. Mereka terancam kehilangan kendali atas beberapa kota dan desa di sekitar Damaskus," ungkap Rahman.

Kota Otaybah berada di jalan yang menghubungkan Ibu Kota Damaskus dengan bandara internasional Suriah. Militer Suriah meyakini, di sepanjang jalur itulah jalur penyelundupan sejumlah perlengkapan pemberontak yang didatangkan lewat Yordania selama dua tahun perang berkecamuk di Suriah.


(esn)

views: 1.301x
shadow