Timur Tengah

Assad: Pemberontak Suriah akan dijatuhi kerja paksa seumur hidup

Selasa,  16 April 2013  −  16:13 WIB
Assad: Pemberontak Suriah akan dijatuhi kerja paksa seumur hidup
Presiden Suriah Bashar Al-Assad (Istimewa)

Sindonews.com - Presiden Suriah Bashar al-Assad mengeluarkan amnesti umum bagi tindak kejahatan yang dilakukan selama perang berlasung di Suriah, Selasa (16/4/2013).

Seperti dilansir SANA, Presiden Assad telah mengelurkan Surat Keputusan no. 23 yang isinya adalah menmberikan amnesti umum bagi kejahatan yang dilakukan sebelum 16 April 2013. Berdasarkan keputusan tersebut, pemberlakukan hukuman mati akan diganti dengan hukuman kerja paksa seumur hidup.

Sejak pecahnya perang di Suriah, Assad telah beberapa kali mengeluarkan amnesti bagi para pelaku kejahatan. Amnesti terakhir ini kabarnya tidak akan diberikan bagi para penyelundup senjata dan obat-oabatan terlarang. 

Assad hanya akan meringankan hukuman bagi mereka yang memutuskan bergabung dengan pemberontak untuk melawan militer Suriah. "Warga Suriah yang bergabung dengan kelompok teroris hanya akan menjalani seperempat masa hukuman mereka," sebut isi dekrit no 23.

"Keputusan tersebut tidak diberlaku untuk mereka yang menghindari wajib militer," lanjut isi dekrit tersebut.

Selama hampir dua tahun perang saudara berlangsung di Suriah, baik pasukan Pemerintah maupun kelompok pemberontak sama-sama diduga telah melakukan kejahatan perang. 

Serangan yang dilakukan kedua belah pihak, banyak yang menewaskan warga sipil tak berdosa.

Assad sebelumnya mengatakan, tentara bayaran dan penjahat telah melakukan operasi di beberapa titik tertentu di Suriah, aksi mereka ini didukung oleh kelompok paramiliter.


(esn)

views: 1.080x
shadow