Eropa

Personel militer Inggris berlatih prosesi pemakaman Thatcher

Senin,  15 April 2013  −  20:44 WIB
Personel militer Inggris berlatih prosesi pemakaman Thatcher
Latihan prosesi pemakaman Margaret Thatcher (Reuters)

Sindonews.com – Ratusan personel pasukan Inggris menggelar latihan prosesi pemakaman mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher, Senin (15/4/2013). Rencananya, prosesi pemakaman Thatcher akan melewati sejumlah jalan utama di Kota London pada Rabu (17/4/2013) mendatang.
 
Lebih dari 700 yang berasal dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara Kerajaan Inggris ini berlatih prosesi dengan menggunakan kereta kuda yang rencananya akan membawa peti mati berisi jenzah Thatcher ke Katedral St Paul.
 
Mayor Andrew Chatburn, yang bertanggung jawab atas koreografi prosesi upacara mengatakan, latihan itu berjalan itu berlangsung sangat baik. Chatburn adalah perwira staf seremonial untuk Divisi Rumah Tangga, yang juga menjalankan prosesi untuk pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada  2011 silam.
 
"Mereka ini adalah pelaut, tentara, dan penerbang yang telah datang untuk melakukan tugas tertentu dari tugas rutin mereka. Sehingga, ini (prosesi pemakaman) adalah hal baru bagi mereka,” kata Chatburn.
 
Saat menggelar latihan prosesi pemakaman, ratusan tentara itu mengenakan seragam tempur. Tetapi, saat upacara sesungguhnya berlangsung, mereka akan mengenakan seragam upacara. Para tentara ini berasal dari unit-unit di tiga angkatan yang terlibat dalam Perang Falklands 1982, konflik yang didefinisikan sebagai kebijakan luar negeri Thatcher.
 
Chatburn mengatakan, ribuan orang akan berbaris di jalan-jalan saat pemakaman Thatcher, kondisi yang tidak dialami ratusan personel itu dalam latihan. “Hadirnya ribuan orang akan menimbulkan suasana lain, terutama bagi para kuda. Dan, ini merupakan tantangan lain bagi mereka," katanya.


(esn)

views: 790x
shadow